Order Via WhatsApp
Marketing1

Marketing2

Join  Group

Spesifikasi

Instalasi 18 unit Komposter Pengisian Berketerusan Rotary Composter Continues Filling RCCF- 10000  berdimensi PLT ( panjang= 880 cm, Lebar= 116 cm, tinggi= 116 cm), Diameter Tabung = 86cm, terbuat dari bahan logam MS dengan pelapisan (couting) bahan fiber resin murni.  RCCF terbuat dari bahan logam  Mild steel MS dan fiberglass 5-7 mm, peralatan aerasi ( exhaust), motor listrik 5 HP ( 3 Phase 220V/ 380V) 7 Hp, double reducer gearbox, rangkaian conveyor CPS 605 dan tangga logam.

Kapasitas Olah Per Hari

Masing2 unit memiliki kapasitas olah 2 ton/ hari setara volume 5,2 m3 atau, rangkaian 18-10.000 akan mengolah 36 ton setara 99 m3 sampah organik/ hari. Komposter mesin kompos Pengisian Berketerusan ( RCCF 18-10.000) ini merupakan solusi atas masalah sampah organik di  lokasi yang mempertimbangkan penggunaan tanah se minimal mungkin seperti antara lain Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) atau Intermediate Treatment Facility (ITF) pembangkit listrik tenaga sampah PLTSa ( berbasis teknologi insenerator, Refuse-derived fuel (RDF). Diketahui, jenis organik memiliki kalor rendah ( kurang dari 1000 kcal/ kg) sementara syarat insenerator pembangkit listrik PLTSa membutuhkan bahan baku minimal 1500 kcal/ kg.

Kelayakan Lokasi dan Luas Lahan

Kapasitas olah Komposter RCCF 10.000 sebesar 2 ton/ hari hanya memerlukan 40 m2. Meningkatkan besar kapasitas per satuan luasan lahan dapat dicapai dengan membangun  instalasi secara bertingkat.  Pada kepentingan pengolahan sampah organic 36 ton/ hari, akan dibutuhkan 18 unit RCCF 10.000 L, pada model 3 layer  hanya perlu  luasan 200-300 m2.  

Disamping bagi pemusnahan jenis organik di ITF atau TPST Pembangkit Listrik PLTSa, juga cocok ditempatkan di lokasi dengan timbulan sampah komposisi terbesar organik seperti pasar, kawasan komersial, dan kawasan industri termasuk pengolahan limbah organik industri pengolahan hasil pertanian ( sayur dan buahan). Kategori sampah organik ( food waste) atau yang bisa terdegradasi meliputi: sisa makanan, kertas, sisa ikan dan duri ikan, kulit buah-buahan, potongan sayuran, kain bahan katun, dll. Jadi bahan organik dapat juga diartikan semua material yang berasal dari makhluk hidup meliputi hewan, manusia dan tumbuhan.

Cara Kerja

Dalam pengaplikasiannya pada tiap unit RCCF, siapkan sampah organik sebanyak 6 m³ atau setara dengan berat 2 ton/ hari. Sampah setelah dibuat ukuran kecil-kecil ( sekitar 10-15 mm) dengan alat mesin pencacah ( chopper) ditarik dan diinput ke lobang pemasukan (hooper).  Hasil pencacahan menjadi seukuran 15 mm sampai 50 mm atau setara dengan sampah dapur ( rumah tangga, hotel dan restoran) . Sampah yang berasal dari lingkungan pemukiman, hotel dan rumah tangga memang pada umumnya sudah berukuran kecil, sehingga sebenarnya tidak memerlukan dan tidak tergantung pada keberadaan pencacah ( chopper) .

Ke dalam Komposter, masukan ke hooper dispenser bagi larutan mikroba ( probiotik) Green Phoskko® ( GP-1) sebanyak 8 Pack @ 250 g atau 2 kg ( 1 permil dari bahan sampah sekitar 2 ton berat bahan baku kompos berupa sampah organik) , juga tambahkan molases ( tetes tebu) atau gula pasir sekitar 10 sd 50 sendok makan dan larutkan dalam air sebanyak 15-20 liter.

Masukan penggembur ( bulking agent) Green Phoskko® ( GP-2) sebanyak 60 kg ( 3 persen % dari 2 Ton bahan sampah) dan hidupkan engine penggerak rotary yang tersedia.

Penggunaan motor rotary dari penggerak engine selama 6 jam dalam interval waktu yang telah diatur oleh sistim pengendali (control). Dengan berputarnya drum akan membalikan dan meratakan serta memindahkan semua bahan sampah didalamnya kearah outlet. Disamping itu, fungsi pembalikan agar terjadi agar menaikan homogenitas aneka bahan serta meningkatnya aerasi yakni bertambahnya oksigen kedalam rongga bahan kompos.

Setelah 1 - 2 hari kemudian akan terjadi reaksi berupa panas, pada thermometer akan terbaca berada pada kisaran temperatur 30 sampai 50 derajat celcius. Suhu 50 derajat celcius suatu kondisi suhu mesofilik - yang baik bagi bekerjanya konsorsium mikroba probiotik ( bakteri aktinomycetes- spesies aktinomyces naeslundii, Lactobacillus spesies delbrueckii, Bacillus Brevis, Saccharomyces Cerevisiae, ragi, dan jamur serta Cellulolytic Bacillus Sp) .


Setiap hari, dalam tiap unit RCCF dengan masukan 2 ton/hari, akan keluar bahan kompos melalui pemisah air dan materi padat (solid), dewatering ( separator).  Perolehan kompos akan kering dan gembur.  Kompos siap dijual atau jika dinaikan nilai tambahnya umum dijadikan bahan baku pembuatan pupuk organik granul.

RCCF ini dirancang khusus bagi keperluan menyediakan alat media bagi pengaturan jumlah masukan oksigen ( aerasi) dan menjaga kelembaban, PH dan temperatur ( suhu) tertentu agar aneka bakteri populasi tinggi ( 10 pangkat 8) - dalam aktivator Green Phoskko ( GP-1) - dapat bekerja efektif dan efisien mengurai material organik. Sebagaimana diketahui, setiap jenis bakteri memiliki karakter berbeda dan juga kebutuhan khusus untuk mampu mendekomposisi material agar cepat, berkualitas dan higienis. Dengan demikian, bagi berjalannya pengomposan sesuai dengan standar teknologi Phoskko ( penguraian cepat, higienis, menghasilkan kompos berkualitas, bebas penyimpangan dari timbulan ulat dan bau) , maka penggunaan paket lengkap alat dan aktivator Green Phoskko ( GP-1) serta penggembur ( organic atau bulking agent) Green Phoskko ( GP-2) sangat direkomendasikan.

Merubah sampah organik menjadi sesuatu produk baru - dan bermanfaat seperti kompos, akan berguna dalam memelihara kesuburan tanah, menambah lapisan humus tanah, mengikat tanah berderai dan sebagai pasokan hara atau nutrisi bagi tanaman. Kompos akan berguna bagi semua tanaman di sekitar lingkungan sendiri seperti taman di perumahan, hotel, restoran, dan lingkungan RW. Kompos dapat juga dijual ke petani, atau konsinyasi ke pedagang tanaman hias sepanjang jalan di perkotaan, dijual ke pemilik taman, kepada kalangan hobies tanaman dan bunga serta kepada para pengusaha perkebunan (*)
 

Tulis Ulasan

Catatan : HTML tidak dapat diterjemahkan!
    Jelek           Bagus

Komposter Pengisian Berketerusan Biophosko® RCCF 18-10000

  • Manufaktur Produk Biophosko
  • Model Produk : RCCF 10000
  • Ketersediaan : 1
  • Rp.8,950,000,000,-


Produk Terkait

Rotary Kiln Elektrik Biophoskko® RKE-2000 L

Rotary Kiln Elektrik Biophoskko® RKE-2000 L

Komposter Biophosko® (Rotary Kiln RKE-2000L) adalah alat pengolah sampah organik dan biomassa menjad..

Rp.44,995,000,-

Komposter Pengisian Berketerusan Biophosko® RCCF- 10000

Komposter Pengisian Berketerusan Biophosko® RCCF- 10000

Merubah sampah dan limbah organik menjadi sesuatu produk baru - dan bermanfaat seperti kompos, aka..

Rp.495,000,000,-

Penyaring Air ( Dewatering) Kompos Separator Cri-Man

Penyaring Air ( Dewatering) Kompos Separator Cri-Man

Separator berguna untuk memisahkan padatan dan cairan pada slurry/lumpur limbah organik (kotoran ter..

Rp.459,000,000,-

Conveyor Pemilah Sampah CPS 6022

Conveyor Pemilah Sampah CPS 6022

Conveyor pemilah digunakan untuk memilah sampah aneka jenis menjadi terkatagori an organik dan organ..

Rp.159,500,000,-

Tag Produk : Pengolahan Sampah Organik Skala besar- Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Jadi Kompos- pengolahan sampah pembangkit listrik- sampah organik jadi kompos- sampah pasar, sampah kawasan industri, limbah buah, limbah sayuran