Data Perusahaan
Daftar Kontak
Ayo Download
Peta Lokasi
Order Via WhatsApp
Marketing1
Marketing2
Marketing3

Konfigurasi pengolahan sampah Waste to Energy (WTE) dengan skala 350 ton/ hari bagi mekanisme bersih (zero waste) didedikasikan bagi penyelesaian sampah suatu Depo Sampah, Stasiun Peralihan Antara SPA atau Intermediate Treatment Facility (ITF), Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST), Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) skala besar serta Tempat Pembuangan Sampah Ahir (TPA) Kota Kecil.

Pada kasus skala 350 ton sampah di Indonesia per hari, dengan mengacu pada pengalaman dan data hasil beberapa penelitian setelah dilakukan pemilahan semi manual ( kombinasi tenaga manusia dan Pemisah Logam (magnetic separator) dalam conveyor pemilah sampah (CPS), sampah kota dapat diklasifikasikan memiliki komposisi jenis organik 65 %, biomassa kering 20 %, plastik ( PE,PP, PS) 7.3 %, jenis plastik khusus PET 0,51 % serta 1,4 % ban dan 2,9 % karet (kabel, sol sepatu, dll) serta logam kaca.

Konfigurasi teknologi dalam Biophos_kkogas WTE 350 T

Conveyor pemilah dan pemisah logam (magnetic separator) memegang peranan penting bagi perolehan sampah per jenisnya sehingga menentukan pilihan teknologi konversi berikutnya

Mesin Penggiling dan Penghancuran Sampah (Schedder Machine), Pencacah Organik dan Pencacah Plastik (Chruser) menyiapkan aneka jenis sampah anorganik dan biomassa kering menghasilkan densitas dan kepadatan massa bagi pembangkitan energi panas gasifikasi, pirolisis dan biodigester.

Biodigeter ( Dry Fermentation) BD 4X 3240 TD adalah teknik pembangkitan biogas ( proses fermentasi kering) pada reaktor pencerna kedap udara dengan bantuan mikroba sebagai aktivator pembangkit methan, terbukti efektif mentuntaskan material mudah terurai (degradable) dan mudah membusuk (perishable).

Piroliser, alat bagi berjalannya teknik termo kimia pirolisis mengubah materi padat menjadi fasa gas melalui proses dekomposisi kimia bahan organik dengan pemanasan tanpa atau sedikit oksigen atau reagen lainnya, di mana material mentah akan mengalami pemecahan struktur kimia menjadi fase gas

Komposter, alat dalam proses dekomposisi dibantu oleh mikroba yang mengurai materi tanaman, air dan keberadaan oksigen (aerasi) yang tepat secara teratur mengubah materi organik menjadi cairan dan kompos padat.

Gasifier, alat yang melakukan proses gasifikasi yakni proses yang mengubah bahan bakar organik atau fosil berbasis bahan karbon menjadi karbon monoksida (CO), hidrogen (H2) dan karbon dioksida (CO2).

Mesin Pupuk Organik Granul (POG), keluaran material baru dengan skala terbesar adalah kompos yang dapat dimanpatkan dan disajikan dengan kebutuhan dan permintaan pasar pertanian, perkebunan melalui pilihan bentuk pupuk organik granul (POG) hasil proses granulasi maupun serbuk (powder).

Merujuk data komposisi sampah di berbagai daerah Indonesia, perolehan dari hasil pemilahan pada conveyor dengan tenaga manusia dan magnetic separator dari 350 ton sampah akan diperoleh 227 ton organik, 70 ton biomassa kering (kayu, kertas, kain), 25,5 ton jenis plastik lain (PS, PP,PE) dan 15 ton jenis ban, karet serta sisanya jenis plastik PET, logam dan kaca.  Perolehan hasil pemilahan, setelah dilalukan mesin pencacah organik dan mesin pencacah biomassa, karet dan plastik (schredder machine)  adalah bahan baku bagi biodigester (wet process), pirolisis, komposter dan gasifier.  

Output harian dari proses teknologi tersebut diantaranya energi panas keluaran gasifier yang dihabiskan bagi proses pirolisis penghasil minyak bakar ( BBM Sintetik) serta, supplai panas proses calorie fire (heat transfer) kepada fermentasi organik dalam biodigester (anaerobic digestion). Perolehan biogas adalah bahan bakar generator pembangkitan energi listrik penyedia daya bagi bekerjanya mesin stasionary seperti conveyor, mesin pencacah aneka material (crusher and schredder) maupun penerangan area dan office equipment. Demikian pula perolehan dari reaktor pirolisis berupa minyak bakar (heavy oil) bagi bekerjanya engine stasionary serta BBM Sintetik setara kerosine, solar dan bensin hasil destilasi lanjutan (refinary) digunakan bahan bakar pada mesin bergerak seperti truk angkutan sampah.

Dari pengalaman panjang PT Cipta Visi Sinar Kencana di banyak pelanggan skala TPS dan TPST sejak tahun 2004 berikut hasil study literatur menunjukkan, konfigurasi Biophos_kkogas memberi jaminan pada neraca kecukupan energi (energy balance) berjalannya proses pengolahan sampah dengan output netto perolehan kompos dari sumber sampah organik. 

Mekanisme bersih (zero waste) pengolahan sampah kota dengan metoda Biophos_kkogas dengan output netto kompos akan sejalan dengan prinsip zero waste bagi berlangsungnya siklus nutrisi organik serta peraturan perundangan UU No 18/2008 beserta turunannya. Konfigurasi teknologi Biophos_kkogas di berbagai kondisi lokal dapat disusun dengan mempertimbangkan kelayakan sosial, ekonomi, teknik serta lingkungan melalui kegiatan studi kelayakan ( feasibility study) meliputi waste audit, perencanaan detail desain serta analisa ekonomi finansial (*)

Info lebih lanjut dapat dikunjungi Metoda Biophos_kkogas

 

 

Tulis Ulasan

Catatan : HTML tidak dapat diterjemahkan!
    Jelek           Bagus

Sarana Pengolahan Sampah Biophos_kkogas WTE 350 T

  • Manufaktur Produk Biophos_KoGas
  • Model Produk : WTE 350 T
  • Ketersediaan : 1
  • Rp.0,-


Produk Terkait

Instalasi Produksi Kompos IPK RKE 2000 L

Instalasi Produksi Kompos IPK RKE 2000 L

Dengan teknologi komposter model Rotary Klin RKE 2000 L , berkapasitas 6000 liter (6 m3)/unit/batch ..

Rp.267,950,000,-

Kompresor Biogas DMC 5 - Gas Filling Compressor

Kompresor Biogas DMC 5 - Gas Filling Compressor

Proses fermentasi biomassa dan limbah organik menjadi biogas, untuk pemanfaatan lebih luas lagi bagi..

Rp.59,500,000,-

Digester Biogas 200 T

Digester Biogas 200 T

SPESIFIKASI Digester Biophos_KoGas BD 200 T sebagai pembangkit bahan bakar maupun Instalasi Pemba..

Rp.2,350,000,000,-

Digester Biogas Biometan RNG

Digester Biogas Biometan RNG

Berbekal pengalaman membangun instalasi biogas di lebih 100 lokasi sejak tahun 2009, berikut ini dik..

Rp.0,-

Mesin Pirolisis MP 5 T

Mesin Pirolisis MP 5 T

Plastik, jenis PE dan PP, demikian pula halnya ban bekas dan aneka sampah karet ( sol sepatu, dan se..

Rp.5,950,000,000,-

Mesin Pirolisis MP 3 T

Mesin Pirolisis MP 3 T

Plastik, jenis PE dan PP, demikian pula halnya ban bekas dan aneka sampah karet ( sol sepatu, dan se..

Rp.2,950,000,000,-

Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Mandiri Energi ME 20 T

Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Mandiri Energi ME 20 T

Tempat Pengolahan Sampah Terpilah Terpadu (TPST) Mandiri Energi ME 20 T adalah sistim pengolahan sam..

Rp.6,950,000,000,-

Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Mandiri Energi ME 60 T

Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Mandiri Energi ME 60 T

Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Mandiri Energi ME 60 T ditujukan bagi konversi musnah biomas..

Rp.20,850,000,000,-

Tag Produk : sampah kota, pengolahan sampah, waste to energy, sampah skala kota, biodigester, piroliser, komposter, gasifier